.

.
 

Manfaat dan Khasiat Kentang

Terakhir kali postingan dari admin telah membahas tentangsalah satu manfaat dan khasiat buah tomat dan kini admin akan coba berbagi liputan hari ini yaitu tentang manfaat dan khasiat kentang yang telah terbutkti memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Sebelum anda melihat manfaat dan khasiat kentang ada baiknya juga anda kenali manfaat dan khasiat kunyit yang juga memiliki khasiat yang ampuh untu kesehatan tubuh kita. berikut ini adalah manfaat dan khasiat kentang yang bisa anda ketahui.

Manfaat dan Khasiat Kentang

Manfaat dan Khasiat Kentang
===========================

Kentang merupakan penawar racun alami asam yang berlebihan atau asidosis. Kentang penting membantu pertumbuhan bakteri dalam saluran pencernaan tubuh kita. Kandunagn garam alkali menjadikan kentang sebagai salah satu makanan basah yang paling kuat, akrena itu kentang sangat berguna untuk menjaga cadangan alkali tubuh. Kentang mempunyai banyak khasiat. Diantaranya potassium, vitamin c ( sumber kedua selepas oren), membekalkan karbohidrat komplek dan fiber atau gentian kerpada gula darah ( blood sugar) dan pengawalan tekanan darah. Ia juga mengandungi vitamin B1,B2 dan B3 serta sedikit kandungan protein dan zat besi.

Kandunagn potassium kentang, dua kali lipat dari kandungan potassium dalam pisang dan fiber. Jumlah lemaknya di bawah paras 25%, sehingga dapat menghalang endapan kolesterol di dalam lapisan saluran darah. Kentang cocok bagi yang mengalami kekurangan gula dalam darah. Selain itu kentang merupakan sumber terbaik dalam pembentukan zat besi dalam darah. Menjamin system ketahana badan, karena kandunagn vitamin serta kalsium yang tinggi. Berikut manfaat dari kentang.

Berat Badan

Kentang merupakan gundukan karbohidrat dan juga mengandung sedikit protein. Mengkonsumsi kentang merupakan salah satu cara diet alami karena kentang menjadi salah satu alternatif pengganti karbohidrat bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.

Melancarkan Fungsi Pencernaan

Karena kentang mengandung banyak karbohidrat dan cukup lunak saat dikonsumsi membuat tanaman ini mudah untuk dicerna dan membantu memperlancar sistem pencernaan. Tapi perlu anda ingat, makan terlalu banyak kentang dapat menyebabkan keasaman dalam jangka panjang.

Skin Care

Vitamin-C dan B kompleks dan mineral yang terdapat pada kentang sangat baik untuk kulit. Selain itu kentang mentah yang ditumbuk dan dicampur dengan madu, dapat berfungsi sebagai masker muka dan juga sangat baik untuk kesehatan kulit anda agar terasa lembut.

Tekanan Darah Tinggi

Kentang dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi karena di dalamnya terdapat banyak vitamin C dan B, tapi bagi anda penderita diabetes harus menghindari mengkonsumsi kentang secara berlebihan. Selain itu adanya kandungan serat di dalamnya membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi insulin di dalam tubuh.

Penyakit Jantung:

Selain kandungan vitamin, mineral, dan serat kentang juga mengandung zat yang disebut Karotenoid yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan organ internal lainnya. Tetapi sebagai peringatan untuk anda yang menderita obesitas dan diabetes sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi kentang karena banyak mengandung karbohidrat dan glukosa.

Batu Ginjal

Manfaat kentang selanjutnya adalah mencegah batu ginjal. Bagi penderita batu ginjal sebisa mungkin harus menghindari makanan berprotein tinggi, khususnya protein hewani seperti daging, ikan, bayam, dll. Kentang sangat kaya magnesium yang dapat menjegah pengendapan kalsium (pengapuran) pada ginjal dan jaringan lain, sehingga mencegah terbentuknya batu ginjal

Fungsi otak

Kinerja otak sangat tergantung pada pasokan oksigen, kadar glukosa, magnesium,
vitamin B kompleks dan beberapa hormon, seperti asam amino dan asam lemak seperti omega-3 asam lemak. Kentang memenuhi hampir semua kebutuhan yang disebutkan di atas. Selain itu, kentang juga mengandung zat tertentu seperti seng dan fosfor yang baik untuk otak juga.

Peradangan

Nutrisi yang terkandung dalam kentang seperti vitamin C, vitamin B dan potasium adalah sumber yang baik untuk meredakan peradangan, baik internal maupun eksternal seperti radang usus dan sistem pencernaan. Karena lembut dan mudah dicerna membuat kentang makanan yang baik bagi mereka yang memiliki luka mulut.

Rematik
Beberapa nutrisi seperti vitamin, kalsium dan magnesium dalam kentang dapat membantu mengurangi rematik.

Menurut penelitian, jus kentang mentah bisa membantu mengurangi penyakit yang menyerang sendi-sendi( arthritis), radang otot ( rematik). Sakit yang disebabkan salah urat atau terkilir, luka-luka kecil dan luka bakar ringan dapat dilegakan dengan cara menempelkan irisan kentang pada luka atau nyeri yang dirasakan selama 15 menit atau lebih.

Saos kentang yang digunakan untuk saos salad, dipercaya bisa mengurangi luka, mengurangi rasa sakit, serta pencemaran bakteri. Parutan kentang yang ditempelkan pada kelopak mata, mampu menghilangkan noda hitam pada mata( dark circles) dan sekitarnya dicampur berdama krim, bisa memperlambat kerut dimuka.

Kentang sangat cocok bagi Anda yang memiliki penyakit maag atau sering mengalami sakit karena kelebihan asam lambung. Sebab dalam kentang terkandung atropine yang dapat emmbantu mengurangi asam lambung dan mengurangi sakit pada lambung.

Biasanya zat lysine tidak terdapat pada nabati, tetapi didalam kentang terdapat lysine yang sangat penting dlama pertumbuhan badan dan otak. Dengan kentang kita dapat mengkonsumsi Vitamin C secara mudah. Karena vitamin C didalam kentang tidak hilang setelah masak karena dikelilingi oelh sari pati. Walaupun kalorinya cukup rendah, kentang dapat menyebabkan kegemukan Karen adanya Glycemic Index.

Kentang mempunyai khasiat membuat mata yang lelah kembali bersinar serta dapat menghilangkan bengkak pada mata. Parutlah kentang lalu masukkan ke dalam kain tipis yang bersih ( kain kasa atau kain mori) dan kompreskan ke kelopak mata,


 
 
 
Manfaat dan Khasiat Kentang - Liputan Hari Ini

Liputan Hari Ini

Rebuild by Blogger Kota Bima My Work Jasa Pembuatan Toko Online dan Website Thanks to Blogger.Com